6 Makanan Berkuah Korea Yang Bikin Tubuhmu Menjadi Hangat

6 Makanan Berkuah Korea Yang Bikin Tubuhmu Menjadi Hangat

6 Makanan Berkuah Korea Yang Bikin Tubuhmu Menjadi Hangat - Samgyetang
Makanan berkuah memang sedap disantap dalam berbagai kondisi. Ketika panas dan dingin, semangkuk bakso yang panas dan pedas cocok untuk dinikmati dan bisa membuat kamu rileks. Jika kamu suka makanan Korea yang berkuah, enam makanan ini bisa jadi alternatifnya. Apa saja, ya?

6 Makanan Berkuah Korea Yang Bikin Tubuhmu Menjadi Hangat - Samgyetang

1. Samgyetang
Nama lain dari samgyetang adalah sup ayam gingseng. Sup ayam ini dimasak dengan ayam utuh yang perutnya sudah dibersihkan dan diberi isian. Isian tersebut berupa beras ketan yang sudah direndam, bawang putih, jujube, dan ginseng. Terkadang ditambah juga dengan berbagai tanaman herbal, divariasikan menurut resep masing-masing.

Di Korea selatan, masakan ini menjadi santapan lezat ketika Sambok. Sambok yaitu tiga tanggal yang dianggap hari paling panas dalam musim panas tahun itu dalam tradisi Korea. Tanggalnya bisa bervariasi setiap tahunnya. Sambok dibagi menjadi tiga yaitu chobok pertama, jungbok kedua, dan malbok ketiga. Tapi, samgyetang juga bisa dinikmati di selain tiga tanggal tersebut. Menyantap samgyetang dipercaya bisa meningkatkan kesehatan.

6 Makanan Berkuah Korea Yang Bikin Tubuhmu Menjadi Hangat - galbitang

2. Galbitang
Galbitang terbuat dari daging iga sapi yang dipotong kecil. Bias disajikan dg soun Korea yang dimasak dengan kaldu iga sapi. Untuk kamu penyuka pedas, Galbitang dapat dimakan dengan menaburkan bubuk cabai. Pedas atau enggak, sup yang satu ini tetap enak untuk dinikmati. Cobain deh!

6 Makanan Berkuah Korea Yang Bikin Tubuhmu Menjadi Hangat - yukgaejang

3. Yukgaejang
Sup yang berwarna kemerahan ini biasa dimakan bersama dengan nasi putih. Yukgaejang dibuat dari sapi dan beberapa macam sayuran. Gosari adalah sejenis tanaman paku, merupakan jenis tanaman yang sering sekali digunakan dalam pembuatan yukgaejang. Karena direbus lama, yukgaejang kaya akan citarasa. Untuk penyuka masakan pedas, kamu pasti bakal ketagihan dengan menu yang satu ini.

Lanjutkan membaca artikel di bawah

6 Makanan Berkuah Korea Yang Bikin Tubuhmu Menjadi Hangat - kimchi guk

4. Kimchi-guk
Kimchi memang selalu menjadi makanan wajib bagi warga Korea ketika waktu makan tiba. Berbagai masakan dapat dibuat dengan menggunakan kimchi sebagai bahan dasarnya. Salah satunya adalah sup kimchi. Sup kimchi biasa dibuat dengan kimchi sebagai bahan utama, bersama tahu dan daging. Jenis kimchi yang digunakan dalam sup ini pada umumnya adalah kimchi sawi putih. Cara pembuatannya yang sederhana namun menghasilkan rasa yang sedap, membuat makanan ini disukai banyak orang.

6 Makanan Berkuah Korea Yang Bikin Tubuhmu Menjadi Hangat - Guksu

5. Guksu
Oho, pecinta mie mana suaranya? Masakan bertema mie ini memang banyak peminatnya. Guksu dibuat dari somyeon (mie gandum yang tipis). Pembuatan guksu dapat beragam tergantung resep yang digunakan. Campuran kimchi dapat ditambahkan jika ingin mendapatkan rasa pedas. Simple tapi tetap menyenangkan saat disantap.

6 Makanan Berkuah Korea Yang Bikin Tubuhmu Menjadi Hangat Miyeokguk

6. Miyeokguk
Miyeokguk / sup rumput laut adalah menu yang sering sekali tampil dalam drama maupun film Korea. Miyeokguk biasa disajikan jika ada yang berulang tahun. Begitupun ketika ada seorang ibu yang baru aja melahirkan, mereka akan disuguhkan semangkuk miyeoguk. Dalam penyajiannya, sup rumput laut ini dapat divariasikan dengan beragam bahan lain. Seperti campuran daging sapi ataupun kerang.

Kepercayaan orang Korea itu yang melarang miyeokguk dimakan ketika sedang melaksanakan ujian. Seperti tekstur rumput laut yang licin, ditakutkan sesuatu yang telah dihapal dan diingat akan meluncur hilang.

Related Posts